Sunday, September 18, 2016

Manfaat Tari Balet Pada Usia Tua

Balet tak hanya beranfaat untuk anak-anak atau remaja putri. Untuk wanita di atas 50-an, ballet juga punya manfaat sehat.

Jumlah pengikut ballet dewasa kian meningkat, menurut Niki Rein, pendiri pusat balet Barrecore. Niki menambahkan, ada banyak alasan baik untuk melakukannya. “Tak ada kata terlambat untuk ballet.”

Seiring bertambahnya usia, wanita kerap mengalami penurunan kepadatan tulang, jelas Niki yang telah mengajar siswa balet dari usia remaja hingga 70-an. Sangat penting untuk melakukan latihan resistensi yang membantu membangun kepadatan tulang, terutama setelah menopause. Dan ballet bisa menjadi pilihan.

Kelas kebugaran berbasis balet, benar-benar dapat bermanfaat bagi sendi. Fleksibilitas dalam balet membuat wanita dewasa lebih bebas dalam melakukan banyak gerakan tanpa rasa sakit, kata Niki. Anda bisa mencoba kelas ballet pemula bagi dewasa.

Michelle Groves, Direktur Pendidikan di Royal Academy of Dance mengatakan, kelas ballet meningkatkan kekuatan otot, kekuatan inti, dan fleksibilitas, serta memberikan Anda penghargaan yang lebih besar untuk mengekspresikan diri dan musik.

Peningkatan jumlah wanita yang lebih tua untuk mengikuti kelas balet dan kelas kebugaran balet dikarenakan alasan ingin menjaga berat badan sehat saat tua dan tetap akif.

Namun, sangat penting untuk memilih guru balet bersertifikat dan berkualitas baik yang akan memastikan bahwa gerakan yang diajarkan aman, seimbang, dan terstruktur untuk pelajar dewasa. Alasannya adalah untuk mencegah cedera, papar Niki.

Dalam kelas balet tradisional, posisi kaki klasik memerlukan tekanan tidak wajar di pinggul, di mana orang-orang yang tidak berlatih menari dari usia muda tidak akan memiliki kemampuan untuk itu.

Jadi, pilihlah kelas ballet untuk tujuan kebugaran. Jika menghadiri kelas tradisional, jagalah posisi kaki untuk menghindari cedera pada lutut, pinggul dan pergelangan kaki.

Wednesday, August 31, 2016

Fakta Pria Suka Minum Alkohol

 IQ dan alkohol. Banyak orang tak menganggap dua hal tersebut sama sekali tak berkaitan. Namun faktanya, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa pria muda yang suka minum alkohol ternyata cenderung memiliki IQ rendah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang ber-IQ rendah berkaitan dengan kebiasaan minum minuman beralkohol yang lebih berisiko.

"Bisa jadi, orang yang ber-IQ tinggi akan memiliki pilihan gaya hidup yang lebih sehat," ungkap peneliti Sara Sjolund dari Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, seperti dilansir oleh Health Site.

Peneliti menjelaskan bahwa kaitan antara IQ dan gaya hidup yang tak sehat bisa jadi bermula sejak masa kanak-kanak. Keadaan kanak-kanak bisa mempengaruhi IQ dan kesehatan, begitu juga keadaan sosial ekonomi seseorang saat dewasa. Hasil ini didapatkan peneliti setelah menganalisis data dari 49.321 pria Swedia.

Hasil IQ didapatkan peneliti melalui tes. Peneliti juga mengamati konsumsi alkohol per minggu, pola minum alkohol, kondisi kanak-kanak dan remaja, penggunaan rokok, dan catatan kesehatan partisipan. Selain itu, peneliti mempertimbangkan posisi sosial ekonomi partisipan dan kebiasaan minum alkohol dari ayah mereka.

"Kami menemukan bahwa pria ber-IQ rendah cenderung mengonsumsi lebih banyak alkohol, dalam hal kuantitas dan rutinitas minum alkohol yang dilakukan," ungkap Sjolund.

Bagaimanapun peneliti menambahkan bahwa hasil penelitian ini bisa berbeda antara budaya dan negara. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Alcoholism: Clinical and Experimental Research.

Buah Avokad Kaya Akan Serat Dan Bagus Untuk Jantung Kita

 Avokad adalah buah yang familiar di Indonesia. Anda sering mengonsumsinya secara langsung dengan ditambah gula atau dijadikan jus. Apapun cara mengolahnya, avokad merupakan buah yang sangat nikmat.

Dilansir dari healthmeup.com, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Pennsylvania State University menunjukkan bahwa mengonsumsi avokad untuk konsumsi harian mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

"Avokad termasuk buah yang kaya akan lemak sehat di dalamnya. Lemak ini bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi avokad secara rutin, maka tingkat kolesterol Anda akan turun sebanyak 13,5 mg/dL," terang Penny Kris-Etherton, pemimpin penelitian ini.

Selain hasil tersebut, penelitian ini juga menemukan bahwa avokad kaya akan serat, pitosterol, dan polifenol. Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, ketiganya juga mampu membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Manfaat Bersendawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Seperti halnya kentut, bersendawa juga penting untuk kesehatan. Apakah Anda selalu bersendawa setelah makan? Menurut para ahli, bersendawa setelah makan penting karena membantu mempercepat pencernaan dan mengurangi risiko perut kembung.

Bersendawa setelah minum soda juga penting karena minuman tersebut mengandung banyak asam yang dapat membuat orang merasa tertekan di bagian dada dan perut. Nah, berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan dari bersendawa.

1. Mengurangi rasa tidak nyaman di perut
Salah satu alasan kenapa Anda harus bersendawa setelah makan adalah karena itu membantu untuk meringankan ketidaknyamanan di tubuh, khususnya lambung. Dengan bersendawa, Anda bisa mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh Anda untuk menghindari masalah perut kembung dan nyeri dada.

2. Mencegah penumpukan gas
Sehabis mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti lobak, kacang-kacangan dan brokoli, Anda harus bersendawa untuk mengeluarkan kelebihan gas dari perut. Hal itu dapat mencegah akumulasi gas di perut, yang pada akhirnya bisa membantu Anda untuk tetap energik.

3. Meredakan tekanan
Ketika perut terasa kembung, Anda tentu akan merasa tidak bersemangat dan loyo. Oleh karena itu, salah satu manfaat kesehatan dari bersendawa adalah untuk meringankan tekanan yang terakumulasi dalam tubuh Anda, sehingga perut terasa lebih nyaman dan enteng.

4. Membantu pencernaan
Bersendawa juga membantu pencernaan dengan mencegah penumpukan gas di perut. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses pencernaan, pastikan Anda bersendawa setelah makan.

Inilah beberapa manfaat sendawa untuk kesehatan tubuh Anda. Meski bersendawa identik dengan perilaku tidak sopan, perlu diketahui bahwa itu sangat penting bagi kesehatan. Jadi jangan pernah menahan hasrat untuk bersendawa!

Manfaat Positif Bermain Facebook dan Twitter

Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa ada dampak positif dari bermain sosial media berupa Facebook dan Twitter untuk mengatasi penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes pada lansia, seperti yang dikutip dari Boldsky.

Mengapa bisa demikian?

Para peneliti menyimpulkan bahwa sosial media dapat menumbuhkan hubungan baik dan sarana komunikasi yang efektif sehingga menimbulkan perasaan positif bagi lansia.

"Setiap komunikasi dari teknologi sosial yang dilakukan oleh lansia berhubungan dengan kesehatan fisik dan psikologis sehingga mengurangi rasa kesepian," ujar William Chopik, Asisten Profesor di Michigan State University, di Amerika Serikat.

Penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa lansia akan memiliki kepuasan dengan kehidupannya dan menurunkan kadar depresi akan penyakitnya berupa tekanan darah tinggi serta diabetes. Lebih dari 95 persen dari lansia yang memiliki diabetes dan tekanan darah tinggi mengatakan mereka puas dengan adanya teknologi ini.

Hal ini bisa menjadi terobosan baru di bidang kesehatan. Yang mana penelitian tersebut nyaris terbukti efektif karena mengambil sampel sebanyak 591 orang lansia yang rata-rata berusia 68 tahun.

Temuan ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior and Social Networking.

Efek Samping Bagi Tubuh Akibat Merokok Electrik

Isu kenaikan harga rokok menjadi isu yang panas saat ini. Muncul banyak pro kontra di kalangan para perokok dan mereka yang tidak merokok. Banyak perokok yang kemudian berpikiran bahwa andaikan harga rokok naik, maka mereka pun akan beralih menggunakan rokok elektrik.

Namun rokok elektrik juga bisa memberikan efek buruk lho untuk tubuhmu. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuhmu saat kamu merokok rokok elektrik.

Mengganggu kesehatan jantung
Meskipun rokok elektrik tidak mengandung tembakau, namun rokok ini masih mengandung nikotin yang dapat menyebabkan akumulasi plak di pembuluh darah dan menyebabkan pembekuan darah sehingga mempengaruhi kesehatan sistem kardiovaskular yang bisa mengganggu kesehatan jantung.

Menyebabkan iritasi mata
Asap yang keluar dari rokok elektrik mengandung formalin yang bisa menyebabkan iritasi mata berupa rasa gatal dan kemerahan.

Menyebabkan keracunan
Dalam beberapa kasus, rokok elektrik bisa menyebabkan keracunan karena kandungan nikotin di dalamnya.

Mempengaruhi perkembangan otak
Sebuah penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa rokok elektrik bisa membuat perkembangan sel otak terganggu sehingga kemudian mempengaruhi memori dan kemampuan kognitif otak.

Dapat menyebabkan kanker
Sama seperti rokok biasa, rokok elektrik juga dapat menyebabkan kanker lho. Sebabnya rokok elektrik juga mengandung nikotin yang memicu pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Menyebabkan ketergantungan
Mengisap rokok elektrik akan menyebabkan pelepasan dopamin di otak sehingga menyebabkan efek kecanduan secara psikologis.

Merusak kecantikan kulit
Asap yang dikeluarkan saat merokok rokok elektrik bisa merusak kecantikan kulitmu dengan menjadikan kulitmu kusam dan kering.

Tuesday, August 30, 2016

Kandungan Jeroan Bagus Untuk Kesehatan

Jeroan sedang jadi kontroversial saat ini. Banyak orang menjadi marah dan terkejut karena kebijakan pemerintah untuk mengimpor jeroan dari Australia. Salah satu keberatan yang dikemukakan adalah jeroan bukan makanan sehat. Benarkah demikian?

Chris Kresser, M.S., L.Ac ahli nutrisi Paleo dan pengobatan integratif mengatakan dalam blognya, Lever atau hati adalah sumber penting retinol atau pro vitamin A. Tiga ons hati sapi mengandung sekitar 26,973 IU vitamin A dan ayam sekitar 11.335 IU. Mengonsumsi hati ayam atau sapi beberapa kali seminggu akan menjamin kebutuhan vitamin A Anda dan membantu jika Anda sedang mengalami masalah kulit. "Folat, kolin dan vitamin B12 yang juga banyak terkandung di hati. Kandungan B12 di dalam hati tiga kali lebih banyak dari vitamin B12 yang ada di ginjal, tujuh kali lebih banyak dari jantung, dan sekitar 17 kali lebih banyak dari lidah.

Apakah jeroan mengandung racun?

Ini adalah keberatan paling umum (selain rasa) ketika kita bicara tentang daging jeroan, terutama hati. Organ-organ seperti jantung dan otak jelas tidak menyimpan racun, tetapi banyak orang takut untuk mengonsumsi hati atau ginjal karena organ-organ ini memang berfungsi untuk menyaring racun dalam tubuh.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyaring racun di dalam tubuh, organ dalam seperti hati menyimpan banyak vitamin yang larut dalam lemak dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan kata lain, sebagian racun tersebut larut dalam lemak dan jika kita dapat membuang lemak itu, berarti akan lebih aman mengonsumsi jeroan.

Namun demikian, kita tetap harus memerhatikan kadar kolesterol yang terbilang tinggi di dalam jeroan. Konsumsi kolesterol terlalu banyak akan menyebabkan peradangan yang pada gilirannya akan membuat masalah pada sistem kardiovaskular dan memicu diabetes.

Jika Anda ingin mengonsumsi jeroan, pastikan hewan sumbernya adalah hewan yang sehat, yang selama hidupnya dibiarkan hidup bebas dan makan dari sumber makanan alami di alam. Jika Anda tak yakin akan kesehatan sumber hewan pemilik jeroan, pilih jeroan yang 100 persen organik, entah itu dari ayam, sapi, kerbau, kambing atau bebek.

Hewan yang sehat berarti organnya juga sehat. Karena alasan inilah, Anda harus memilih daging jeroan atau bukan, yang berasal dari hewan sehat yang terjamin kesejahteraannya.